Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Bintuhan

Jalan Pengadilan - Padang Kempas, Bintuhan, Kab. Kaur, Bengkulu, Indonesia 38963

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia

Komunikasi Data Nasional Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI

Portal Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sistem Informasi Pengawasan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI

Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Bintuhan

JDIH Pengadilan Negeri Bintuhan

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Peresmian Pelayan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Tinggi Tanjungkarang

      pelayan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Secara Resmi Dioprasionalkan Ditandai Dengan Penekanan Tombol Sirine, Dilanjutkan Penandatanganan Sertifikat Peresmian Dan Pengguntingan Pita Oleh Dirjen Badilum Mari Bpk. Dr. Heri Swantoro S.h., M.h. Pada Tanggal 27 Juli 2018, Di Dampingi Oleh Kpt Tanjungkarang Bpk. Zaid Umar Bobsaid, S.h., M.h., Moh Hatta S.h., M.h. Wkpt Tanjungkarang, Kejati Lampung, Perwakilan Kemenkum Ham Dan Walikota Serta Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Dan Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Umum.

      kehadiran Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Di Pt Tanjungkarang Disambut Dengan Tarian Selamat Datang Sekapursirih Untuk Tamu Yang Terhormat. Kpt Tanjungkarang Dalam Sambutannya Menyampaikan Terimakasih Dan Penghargaan Yang Sebesar-besarnya Atas Kehadiran Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mari Dengan Rombongan Dalam Acara Peresmian Ptsp Pt Tanjungkarang Bersama Pn Menggala, Pn Sukadana, Pn Liwa, Dan Pn Blambangan Umpu, Enam Pengadilan Negeri Lainnya Telah Diresmikan Lebih Dulu Pada Tanggal 8 Februari 2018 Oleh Direktur Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana. Dua Pengadilan Negeri Di Wilayah Pt Tanjungkarang Telah Mendapat Password E-court, Yaitu Pengadilan Negeri Tanjungkarang Dan Pengadilan Negeri Metro Dan Siap Untuk Melaksanakan.

      dalam Sambutannya Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Menekankan Tiga Hal, Yaitu Mengenai Akreditasi Penjaminan Mutu, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Dan E-court. Setelah Selesai Peresmian Direktur Jendral Peradilan Umum Mari Meninjau Ptsp Pt Tanjungkarang Sekaligus Berdialog Dengan Petugas Layanan Ptsp Serta Melihat Mis Dan Sipp Pada Layar Monitor Yang Tersedia Di Ruang Lobi Pt Tanjungkarang, Dilanjutkan Dengan Wawancara Via Teleconference Dengan Petugas Ptsp Di Wilayah Hukum Pt Tanjungkarang. Kunjungan Dilanjutkan Ke Pn Tanjungkarang, Pn Metro, Pn Sukadana, Pn Gunung Sugih, Pn Menggala Yang Dirangkai Dengan Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak, Hernia, Khitanan Dan Donor Darah Di Pn Gunung Sugih Bekerjasama Dengan Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum, Pt. Ariya Nobel Dan Pemda Lampung Tengah. Dan Pada Kesempatan Itu Juga Memecahkan Rekor Muri Operasi Hernia Terbanyak Dengan Jumlah 35 Orang (ssdk Nurman).

        

        

    • Pembinaaan Dan Evaluasi Kinerja Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum 2018

      jumat, Tanggal 3 Agustus 2018 Bertempat Di Hotel Intercontinental, Jalan Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat,direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Pembinaan Dan Evaluasi Kinerja Yang Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum. Kegiatan Ini Berlangsung Dari Tanggal 3 Hingga Tanggal 4 Agustus 2018 Yang Dihadiri Oleh Para Pejabat Eselon Ii, Iii, Iv Dan Seluruh Pegawai Dilingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

    • Mahkamah Agung Ri Meresmikan Aplikasi E-court

      perkara Pertama Yang Didaftarkan Secara Elektronik Diterima Serentak Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Surabaya Dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat

      pembaruanperadilan.net, balikpapan

      peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik Di Pengadilan telah Disahkan Pada 29 Maret 2018 Lalu. Kini Melanjutkan Inovasi Tersebut, Akhirnya Aplikasi Pengadilan Elektronik (e-court) Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri Prof. Dr. M Hatta Ali S.h., M.h. Di Balikpapan Pada Jumat (13/8) Siang Lalu. Acara Peluncuran Aplikasi E-court Dilaksanakan Berbarengan Dengan Pembinaan Teknis Yudisial Dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pada 4 Lingkungan Peradilan Mahkamah Agung.

      prosesi Peresmian Penggunaan Aplikasi E-court Dilakukan Secara Simbolis Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri Di Depan Tidak Kurang 1.000 Orang Warga Peradilan Yang Menerima Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Dan Para Undangan, Yang Antara Lain Terdiri Dari Perwakilan Mitra Pembayaran Uang Perkara Pengadilan (bank Btn, Bank Bri, Bank Bni 46, Bank Bni Syariah, Bank Mandiri, Dan Bank Mandiri Syariah). Ketua Ma Menekan Tombol Peresmian Yang Kemudian Dilanjutkan Dengan Menyaksikan Secara Langsung Proses Penerimaan Perkara Dengan Elektronik Pada Tiga Pengadilan Secara Langsung, Yaitu Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Surabaya Dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

      acara Kemudian Dilanjutkan Dengan Tele-conference Antara Ketua Ma Dengan Para Tiga Pengadilan Yang Menerima Pendaftaran Dan Para Advokat Yang Melakukan Pendaftaran Secara Online Untuk Mengetahui Kesan Dan Pengalaman Mereka Menjadi Salah Satu Pendaftar Pertama Perkara Dengan Menggunakan Aplikasi E-court. Tercatat Saat Ini Sudah Ada 2 Perkara Diajukan Secara Elektronik Di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 1 Perkara Di Pn Surabaya, Serta 1 Perkara Pada Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

      lompatan Besar Bagi Layanan Peradilan

      ketua Ma Dalam Sambutannya Menyatakan Bahwa Peresmian E-court Merupakan Lompatan Besar Dalam Keseluruhan Upaya Besar Melakukan Perubahan Administrasi Di Pengadilan. Sistem E-court Mahkamah Agung Memungkinkan Penggugat Melakukan Permohonan Atau Gugatan Perdata/perdata Agama/tun Di Seluruh Indonesia Secara Elektronik Tanpa Perlu Datang Langsung Ke Gedung Pengadilan. Pembayaran Juga Jadi Makin Ringkas, Karena Sistem E-payment Memungkinkan Pembayaran Dilakukan Dari Bank Apapun Dengan Saluran Pembayaran Elektronik Apapun, Seperti Misalnya Internet Banking, Sms Banking, Transfer Atm Mitra Pembayaran Yang Dimiliki Pengadilan Tersebut.

      pemanggilan Elektronik (e-summons) Juga Sangat Meringkas Proses Dan Menghemat Biaya, Karena Pemanggilan Bisa Dilakukan Langsung Ke Domisili Elektronik Termasuk Meniadakan Kebutuhan Prosedur Delegasi Dalam Hal Para Pihak Ada Bertempat Tinggal Di Wilayah Yang Berbeda. Hal Ini Memungkinkan Biaya Panggilan Ditekan Se-minimal Mungkin Sampai Nol Rupiah.  Khusus Untuk E-summons, Sesuai Perma No.3 Tahun 2018, Prosedur Ini Hanya Bisa Ditempuh Apabila Para Pihak Menyetujui Untuk Dilakukan Panggilan Secara Elektronik, Untuk Mengantisipasi Kesenjangan Yang Mungkin Terjadi Dalam Masa Awal Pengenalan Aplikasi Ini.

      ke Depannya Sistem E-court Sudah Diarahkan Ke Penggunaan Yang Lebih Luas, Yaitu Implementasi Litigasi Elektronik, Mengingat Pasal 5 Perma No.3 Tahun 2018 Telah  mencantumkan Juga Jenis Dokumen Yang Bisa Dikirim Secara Elektronik Meliputi Jawaban, Replik, Duplik, Dan Kesimpulan. Hanya Saja Implementasi Penuhnya Menunggu Pengaturan Teknis. Ketua Ma Dalam Sambutannya Mengatakan Bahwa Bentuk E-litigation Masih Perlu Dikembangkan, Dan Bentuk Akhirnya Bisa Sangat Beragam Tergantung Pengembangan Yang Dilakukan Mahkamah Agung Nantinya.

      satu Tahun Harus Sudah Terimplementasi Di Seluruh Pengadilan

      perma Nomor No.3 Tahun 2018 Sudah Menetapkan Bahwa Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik Berlaku Bagi Perkara Perdata, Perdata Agama, Tata Usaha Militer Dan Tata Usaha Negara, Namun Saat Ini Pendaftaran Baru Dapat Diberlakukan Pada Peradilan Umum, Agama Dan Tun. Mengingat Perkara Tata Usaha Militer Pada Peradilan Militer Belum Operasional. Selanjutnya, Mengingat Banyak Prakondisi Yang Harus Dipenuhi Untuk Dapat Dilaksanakannya Aplikasi E-court, Untuk Tahap Ini Sekretaris Mahkamah Agung Ri Berdasarkan Surat Nomor 305/sek/sk/vii/2018 Menunjuk 32 Pengadilan Dari Peradilan Umum, Agama, Dan Tun Untuk Melaksanakan Uji Coba Implementasi E-court Untuk Tahap Ini.

      adapun Pengadilan Percontohan Meliputi Pn Jakarta Pusat, Pn Jakarta Utara, Pn Jakarta Selatan, Pn Jakarta Timur, Pn Jakarta Barat, Pn Tangerang, Pn Bekasi, Pn Bandung, Pn Karawang, Pn Surabaya, Pn Sidoarjo, Pn Medan, Pn Makassar, Pn Semarang, Pn Surakarta, Pn Palembang, Pn Metro. Sementara Itu Di Lingkungan Peradilan Agama Meliputi, Pa Jakarta Pusat, Pa Jakarta Utara, Pa Jakarta Selatan, Pa Jakarta Timur, Pa Jakarta Barat, Pa Depok, Pa Surabaya, Pa Denpasar, Pa Medan. Untuk Pengadilan Tun Pengadilan Percontohan Meliputi Ptun Jakarta, Ptun Bandung, Ptun Serang, Ptun Denpasar, Ptun Makassar Dan Ptun Tanjung Pinang.

      ketua Ma Dalam Sambutannya Berharap Agar Dalam Waktu Tepat Satu Tahun Sejak Peresmian Aplikasi E-court Ini, Maka Aplikasi E-court Harus Sudah Bisa Diaplikasikan Di Seluruh Pengadilan Di Indonesia. Sekaligus Menantang Kesiapan Para Pimpinan Badan Peradilan Untuk Memenuhi Target Tersebut Yang Langsung Disambut Positif Oleh Para Peserta. Beliau Juga Meminta Agar Para Direktur Jenderal Untuk Bisa Melaporkan Hasil Uji Coba Tahap Pertama Ini Dalam Waktu 6 Bulan.

      penerimaan Pendaftaran Perkara Secara Live

      dalam Kesempatan Peresmian Tersebut Dilakukan Pula Demonstrasi Penerimaan Perkara Secara Live Di Tiga Pengadilan Secara Simultan. Para Pengacara Yang Melakukan Pendaftaran Perkara Mengklaim Bahwa Mereka Sangat Mengapresiasi Inisiatif Mahkamah Agung Dalam Membuka Sistem Pelayanan E-court. Juniver Girsang Dari Peradi Jakarta Menyatakan Bahwa Advokat Sangat Berterima Kasih Kepada Peluncuran Sistem Ini. Advokat Kini Bisa Beracara Di Banyak Tempat Tanpa Perlu Harus Hadir Langsung, Dan Tentunya Ini Memotong Biaya. Pembayaran Perkara Bisa Dilakukan Dari Bank Manapun Dengan Saluran Apapun, Terlepas Dari Mitra Pembayaran Yang Dimiliki Pengadilan. Pengacara Di Surabaya Juga Mengaku Bahwa Proses Pendaftaran Perkara Sangat Cepat, Proses Pendaftaran, Pembayaran Sampai Keluar Nomor Perkara Dapat Diselesaikan Dalam Hitungan Satu Jam.

      salah Satu Advokat Yang Berpartisipasi, Juniver Girsang Mewakili Peradi Menyatakan Bahwa Peradi Yang Dipimpinnya Sangat Menghargai Inisiatif Mahkamah Agung Ini, Dan Berjanji Untuk Membantu Melakukan Sosialisasi Dan Pengenalan E-court Ini Ke Segenap Anggotanya.

      ketua Ma Dalam Dialog Live Juga Memberikan Pesan Bahwa Ke Depannya Para Pihak Tidak Perlu Lagi Terlalu Sering Untuk Bolak Balik Ke Gedung Pengadilan, Yang Dengan Sendirinya Memotong Biaya Dan Waktu.

      bagian Dari Inisiatif Kemudahan Berusaha

      reformasi Pelayanan Perkara Ini Tidak Lepas Dari Upaya Mahkamah Agung Untuk Mendorong Tingkat Daya Saing Ri Dalam Survei Kemudahan Berusaha. Survei Kemudahan Berusaha Adalah Suatu Survei Global Yang Dilakukan Oleh World Bank Group Terhadap Tidak Kurang Dari 180 Negara Di Seluruh Dunia Sejak Tahun 2012. Survei Dilakukan Untuk Mengukur Seberapa Kondusif Kerangka Regulasi Dan Kebijakan Pada Suatu Negara Terkait Dengan Dimulainya Berusaha Dan Kegiatan Usaha Di Lokal Di Negara Tersebut.

      pemerintah Ri Sejak Tahun 2016 Sudah Menetapkan Target Strategis Untuk Mendongkrak Peringkat Kemudahan Berusaha Dari Peringkat 120 Pada Tahun 2016 Menjadi Peringkat 40. Pada Tahun 2018 Peringkat Ri Tercatat Berhasil Dinaikkan Ke Peringkat 72. Mahkamah Agung Bertanggung Jawab Atas Dua Komponen Survei, Yaitu Penegakan Kontrak Dan Penyelesaian Kepailitan. Pada Dua Parameter Tersebut Telah Terjadi Peningkatan Peringkat Yang Cukup Baik Dalam Dua Tahun Terakhir, Tercatat Peringkat Penegakan Kontrak Berhasil Naik Dari Peringkat 166 Pada Tahun 2017 Ke Peringkat 145 Pada Tahun 2018. Sementara Itu Peringkat Penyelesaian Kepailitan Berhasil Dinaikkan Dari Peringkat 76 Pada Tahun 2017 Ke Peringkat 38 Pada Tahun 2018.

      dengan Disahkannya Perma No.3 Tahun 2018 Dan Diresmikannya Fasilitas E-court, Maka Diharapkan Pada Survey Kemudahan Berusaha Selanjutnya Akan Ada Peningkatan Pada Parameter Penegakan Kontrak Khususnya Dalam Sub Parameter Indeks Kualitas Proses Berperkara, Dimana Pada Poin Otomatisasi Perkara Akan Diperoleh Tambahan Dari Indikator E-filing, E-payment Dan E-summons.

      untuk Mendorong Peningkatan Peringkat Kemudahan Berusaha, Mahkamah Agung Telah Membentuk Mekanisme Koordinasi Melalui Kelompok Kerja Kemudahan Berusaha  Berdasarkan Sk Kma Nomor 043 Kma/sk/ii/2017 Pembentukan Kelompok Kerja Dalam Rangka Koordinasi Peningkatan Kemudahan Berusaha. Kelompok Kerja Ini Dipimpin Oleh Ym Ketua Kamar Perdata Mari H. Sultoni Mohdally S.h., M.h. Dan Hakim Agung Dr. Syamsul Maarif, S.h., Ll.m. Kelompok Kerja Ini Akan Terus Mendorong Perbaikan Sistemis Dalam Berbagai Agenda Guna Mendorong Peringkat Kemudahan Berusaha.(*)

      sumber

    • Peresmian Ptsp Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Dan Pengadilan Negeri Se Sumatera Barat

      pada Hari Senin, Tanggal 25 Juni 2018. Bertempat Di Pengadilan Negeri Padang Panjang, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Yang Diwakili Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Dr. H. Haswandi, Sh, Se, Meresmikan  Ptsp (one Gate Integrated Service) Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Dan Pengadilan Negeri Se Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Yang Terdiri Dari Pt Sumbar, Pn Padang, Pn Bukittinggi, Pn Pariaman, Pn Batusangkar, Pn Lubuk Basung, Pn Lubuk Sikaping, Pn Padang Panjang, Pn Payakumbuh, Pn Solok, Pn Koto Baru, Pn Muaro, Pn Sawahlunto, Pn Pasaman Barat, Pn Painan Dan Pn Tanjung Pati.

      hadir Dalam Acaran Tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Drs.h.wahyudin, M.si., Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H. Husni Rizal, Sh., Mh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Gatot Supramono, Sh, M.hum, Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Padang Panjang Beserta Seluruh Pimpinan Empat Pilar Pengadilan Se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat.

      acara Berlangsung Khidmat Dan Meriah, Diakhiri Dengan Bersalam-salaman Dan Foto Bersama. (sumber : Mus/it Pt)

        

    • Peresmian Ptsp Pengadilan Tinggi Pontianak Dan Pengadilan Negeri Se Kalimantan Barat

      pada Hari Jumat, Tanggal 29 Juni 2018 Bertempat Di Pengadilan Tinggi Pontianak, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Yang Diwakili Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Drs.h.wahyudin, M.si. Meresmikan  Ptsp Pengadilan Tinggi Pontianak Dan Pengadilan Negeri Se Kalimantan Barat.

    • Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang

      padang/badilum.mahkamahagung.go.id - Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara Se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang Pada Tanggal 26 Juni S.d. 28 Juni 2018. Acara Dilaksanakan Di Hotel Grand Zuri Padang Dengan Jumlah Peserta Sebanyak 112 Orang Yang Terdiri Atas Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Negeri, Hakim Pengawas It, Panitera Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri, Panitera Muda Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri, Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri, Jurusita,serta Admin Sipp Di Masing-masing Pengadilan. Selain Menghadirkan Tim Sipp Ditjen Badilum Sebagai Pemateri, Pada Kegiatan Ini Juga Menghadirkan 2 Orang Narasumber Yaitu Bapak Ariyo Bimmo Selaku Praktisi Hukum Yang Memberikan Materi Tentang Modernisasi Peradilan Dan Bapak Sofyan Adi Irawan Dari Bagian Pemeliharan Sarana Ti Bua Mahkamah Agung Ri Yang Memberikan Materi Terkait Sistem Dan Jaringan Pada Aplikasi Sipp.

         
         
         
    • Halal Bihalal Keluarga Besar Pejabat/pegawai Dan Karyawan Mahkamah Agung Ri Di Lingkungan Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri 2018

      jumat, 22 Juni 2018, Pukul 08.30 Wib, Bertempat Di Lantai 1 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri Diselenggarakan halal Bihalal Keluarga Besar Pejabat/pegawai Dan Karyawan Mahkamah Agung Ri Di Lingkungan Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri 2018. Acara Ini Dihadiri Para Pejabat Eselon I, Ii, Iii, Pegawai Dan Karyawan.

    • Halal Bihalal Dengan Pimpinan Mahkamah Agung Ri 2018

      kamis, 21 Juni 2018, Pukul 10.00 Wib, Mahkamah Agung Ri Mengadakan Halal Bihalal Dengan Pimpinan, Bertempat Di Balairung Mahkamah Agung Ri. Acara Ini Di Hadiri Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Hakim Agung, Para Mantan Pimpinan Mahkamah Agung Ri, Para Pejabat Eselon I, Ii, Iii, Iv Dan Pegawai.

    • Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Pejabat Struktural Eselon Ii Pada Mahkamah Agung Ri

      pada Hari Senin, 4 Juni 2018, Pukul 14.00 Telah Dilakukan Pelantikan Kepada Pejapejabat Srtruktural Eselon Ii Pada Mahkamah Agung Ri, Oleh Sekretaris Mahkamah Agung Ri, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Sh, M.hum

      nama Pejabat Yang Dilantik Adalah:

      1. Aviantara, S.h., M. Hum,sebagai Inspektur Wilayah Ii Pada Badan Pengawasan.

      2. Drs. Wahyudin, M. Si, Sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

      3. H. Dwiarso Budi Santiarto, Sh, M.hum, Sebagai Inspektur Wilayah Iv Pada Badan Pengawasan.

      4. Rosfiana, S.h., M.h, Sebagai Kepala Biro Perlengkapan Pada Badan Urusan Administrasi.

      5. Drs. H. Andi Kurniawan, Mm, Sebagai Sekretaris direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

      6. Edward T.m. Simarmata, Sh, Llm, Mtl, Sebagai Kepala Pusat Manajemen Dan Kepemimpinan Pada Badiltbang Diklat Kumdil.

      7. Hj. Luluk Tri Cahyaningrum, Sh, Mh, Sebagai Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dn Administrasi Peradilan Tun Pada direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tun

    • Assesment Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum Ditjen Badilum Ke Pt Dki Jakarta

      senin, 28 Mei 2018, Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum Ditjen Badilum Melakukan Assesment Ke Pengadilan Tinggi Dki Jakarta . Kegiatan Ini Dimulai Dengan Opening Meeting Yang Dipimpin Oleh Bapak Haswandi Selaku Ketua Tim . Setelah Opening Meeting Kegiatan Dilanjutkan Assesment Terhadap Top Manager, Manager Representative, Document Control Dan Internal Auditor. Lalu Tim beralih Ke Bagian Kepaniteraan, Kemudian Ke Bagian Kesekretariatan. Selanjutnya Meninjau Berbagai Aspek Sesuai Pekerjaan Masing-masing Bagian, Seperti: Sop, Kelengkapan Berkas, Sarana Dan Prasarana, Sampai Dengan Kebersihan. Setiap Ruangan Dan Fasilitas Yang Ada Di Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Juga Dinilai Kesesuaiannya.

    • Audit Surveilance 1 Tim Akreditasi Ditjen Badilum Ke Pt Jayapura

      selasa, 22 Mei 2018, Tim surveillance  Ditjen Badilum Berkunjung Ke Pengadilan Tinggi Jayapura Dalam Rangka audit Surveillance Yang Pertama. Surveillance ini Sebagai Tindak Lanjut Dari Audit Sebelumnya Yang Dilakukan Oleh Tim Akreditasi Dari Ditjen Badilum 

      opening Meeting Dilaksanakan Pada Tanggal 22 Mei 2018 Di Ruang Sidang Utama . opening Meeting Dipimpin Langsung Oleh Bapak Wahyudin Selaku Ketua Tim Assesment Pada Pt Jayapura. Selanjutnya Penilaian Dan Pengawasan Dimulai Dari Mengaudit Top Manager, Manager Representative, Document Control Dan Internal Auditor. Lalu Kemudian Tim assesment beralih Ke Bagian Kepaniteraan, Setelah Itu Berlanjut Ke Bagian Kesekretariatan. Selanjutnya Meninjau Berbagai Aspek Kesesuaian Pekerjaan Masing-masing Bagian, Seperti: Sop, Kelengkapan Berkas, Sarana Dan Prasarana, Sampai Dengan Kebersihan. Setiap Ruangan Dan Fasilitas Yang Ada Di Pengadilan Tinggi Jayapura Juga Dinilai Kesesuaiannya. 

      setelah Selesai Melakukan Audit Surveilance Di Pengadilan Tinggi Jayapura, Kegiatan Ini Ditutup. Dan Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Dari Assesor Terdapat Beberapa Temuan Yang Bersifat Minor Dan Beberapa Observasi Yang Harus Segera Ditindak Lanjuti Agar Dapat Mempertahankan Atau Meningkatkan Nilai Akreditasi Sebelumnya. (ib)

    • Assesment Oleh Tim Ditjen Badilum Ke Pn Jayapura

      rabu, 23 Mei 2018, Tim dari Ditjen Badilum Melakukan Assesment Ke Pengadilan Negeri Jayapura . Kegiatan Ini Dimulai Dengan Opening Meeting Yang Dipimpin Oleh Bapak Wahyudin Selaku Ketua Tim Assesment Pada Pn Jayapura. setelah Opening Meeting Kegiatan Assesment Dilanjutkan Dengan Mengaudit Top Manager, Manager Representative, Document Control Dan Internal Auditor. Lalu Kemudian Tim assesment beralih Ke Bagian Kepaniteraan, Setelah Itu Berlanjut Ke Bagian Kesekretariatan. Selanjutnya Meninjau Berbagai Aspek Sesuai Pekerjaan Masing-masing Bagian, Seperti: Sop, Kelengkapan Berkas, Sarana Dan Prasarana, Sampai Dengan Kebersihan. Setiap Ruangan Dan Fasilitas Yang Ada Di Pengadilan Negeri Jayapura Juga Dinilai Kesesuaiannya.

    • Pembinaan Dirjen Badilum Dan Direktur Binganis Di Pn Sekayu

      pada Tanggal 22 Mei 2018, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Melakukan Pembinaan Di Pn Sekayu, Sumatra Selatan. Acara Ini Dihadiri Oleh Kpt Dan Wkp Palembang, Hakim Tinggi Pt Palembang, Panitera Pt Palembang Dan Kpn Se-sumatera Selatan. 

        

    • Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Negeri Se-sumatera Selatan

      pada Hari Selasa, Tanggal 22 Mei 2018, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Meresmikan  pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Negeri Se-sumatera Selatan Di Pengadilan Sekayu. Peresmian Diawali Dengan Tari Penyambutan Khas Dari Kabupaten Musi Banyuasin Yang Di Khususkan Menyambut Tamu Kehormatan Yang Dikemas Apik Dalam Tarian Stabek. Kemudian Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Dilanjutkan Dengan Laporan Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Kelas Ii, Setelah Itu Sambutan Oleh Sekda Kabupaten Musi Banyuasin Mewakili Bupati, Sambutan Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Sekaligus Pemukulan Gong Tanda Peresmian Ptsp Pengadilan Negeri Se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Palembang, Sumatera Selatan.

      selanjutnya Penyerahan Piagam Ptsp Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kepada Ketua Pengadilan Negeri Se-sumatera Selatan Dan Dilanjutkan Dengan Teleconverence Dengan Ptsp pengadilan Negeri Se-sumatera Selatan Yang Dipandu Hakim Tinggi, Dr. Herdi Agusten, Sh., Mhum. Setelah Itu Dilakukan Peninjauan Ptsp Pn Sekayu.    

        

    • Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018

      pada Hari Senin Tanggal 21 Mei 2018 Pukul 08.30 Wib, Mahkamah Agung Ri Melaksanakan Upacara bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018. Bertindak Selaku Pembina Upacara Adalah Sekretaris Mahkamah Agung Ri Yang Dalam Kesempatan Ini Membacakan Sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika Ri Sebagai Berikut:

      assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

      selamat Pagi Dan Salam Sejahtera,

      om Swastiastu,

      namo Buddhaya,

      salam Kebajikan,

      saudari-saudara Peserta Upacara Yang Saya Hormati,

      ketika Rakyat Berinisiatif Untuk Berjuang Demi Meraih Kemerdekaan Dengan Membentuk Berbagai Perkumpulan, Lebih Dari Seabad Lalu, Kita Nyaris Tak Punya Apa-apa. Kita Hanya Memiliki Semangat Dalam Jiwa Dan Kesiapan Mempertaruhkan Nyawa. Namun Sejarah Kemudian Membuktikan Bahwa Semangat Dan Komitmen Itu Saja Telah Cukup, Asalkan Kita Bersatu Dalam Cita-cita Yang Sama: Kemerdekaan Bangsa.

      bersatu, Adalah Kata Kunci Ketika Kita Ingin Menggapai Cita-cita Yang Sangat Mulia Namun Pada Saat Yang Sama Tantangan Yang Mahakuat Menghadang Di Depan. Boedi Oetomo Memberi Contoh Bagaimana Dengan Berkumpul Dan Berorganisasi Tanpa Melihat Asal-muasal Primordial Akhirnya Bisa Mendorong Tumbuhnya Semangat Nasionalisme Yang Menjadi Bahan Bakar Utama Kemerdekaan.

      boedi Oetomo Menjadi Salah Satu Penanda Utama Bahwa Bangsa Indonesia Untuk Pertama Kali Menyadari Pentingnya Persatuan Dan Kesatuan. Presiden Pertama Dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, Pada Peringatan Hari  kebangkitan Nasional Tahun 1952 Mengatakan Bahwa: "pada Hari Itu Kita Mulai Memasuki Satu Cara Baru Untuk Melaksanakan Satu 'idee', Satu Naluri Pokok Daripada Bangsa Indonesia. Naluri Pokok Ingin Merdeka, Naluri Pokok Ingin Hidup Berharkat Sebagai Manusia Dan Sebagai Bangsa. Cara Baru Itu Ialah Cara Mengejar Sesuatu Maksud Dengan Alat Organisasi Politik, Cara Berjuang Dengan Perserikatan Dan Perhimpunan Politik, Cara Berjuang Dengan Tenaga Persatuan.

      para Pendahulu Yang Berkumpul Dalam Organisasi-organisasi Seperti Boedi Oetamo Itu Memberikan Yang Terbaik Bagi Terbentuknya Bangsa Melalui Organisasi. Bukan Pertama-tama Dengan Memberikan Harta Atau Senjata, Melainkan Dengan Komitmen Sepenuh Jiwa Raga. Dengan Segala Keterbatasan Sarana Dan Prasarana Saat Itu, Mereka Terus Menghidup-hidupi Api Nasionalisme Dalam Diri Masing-masing.

      seratus Sepuluh Tahun Kemudian Bangsa Ini Telah Tumbuh Menjadi Bangsa Yang Besar Dan Maju, Sejajar Dengan Bangsa-bangsa Lain. Meski Belum Sepenuhnya Sempurna, Rakyatnya Telah Menikmati Hasil Perjuangan Para Pahlawannya Berupa Meningkatnya Perekonomian, Kesehatan, Pendidikan, Dan Sebagainya. Keringat Dan Darah Pendahulu Bangsa Telah Menjelma Menjadi Hamparan Permadani Perikehidupan Yang Nyaman Dalam Rengkuhan Kelambu Kemerdekaan.

      kalau Sekarang Bangsa Ini Punya Hampir Segala Yang Dibutuhkan, Seharusnya Kita  terinspirasi Bahwa Dengan Kondisi Embrio Bangsa Seabad Lalu Yang Berada Dalam Rundungan Kepapaan Pun, Kita Telah Mampu Menghasilkan Energi Yang Dahsyat Untuk Membawa Kepada Kejayaan. Apalagi Kini, Ketika Kita Jauh Lebih Siap, Tak Berkekurangan Dalam Sumber Daya Alam Dan Sumber Daya Manusia.

      saudari-saudara Sebangsa Dan Setanah-air,

      butir Kelima Dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo Dan Wakil Presiden Jusuf Kalla Berisi Visi Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Pelatihan. Pada Awal Tahun Ini, Visi Tersebut Mendapat Penekanan Lebih Melalui Amanat

      presiden Joko Widodo Yang Menyatakan Bahwa Pemerintah Akan Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia (sdm) Pada Tahun 2019, Melanjutkan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Yang Menjadi Fokus Pada Tahun-tahun Sebelumnya. Melalui Pembangunan Manusia Yang Terampil Dan Terdidik, Pemerintah Ingin Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Dan Secara Simultan Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusianya.

      bayangkan Jika Kita Sepenuhnya Berhasil Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Dari Seluruh Dari 260-an Juta Lebih Penduduk Negeri Ini. Bercermin Dari Keberhasilan Boedi Oetomo Menggalang Ide Nasionalisme Mulai Dengan Segelintir Orang Seabad Lalu, Maka Apa Jadinya Jika Seluruh Sumber Daya Manusia Unggul Kita Saat Ini Berhimpun Dalam Ide Nasionalisme Yang Sama, Dalam Cita-cita Untuk Kejayaan Bangsa Yang Sama?

      kekayaan Alam Merupakan Sumber Daya Yang Terbatas. Butuh Segudang Prasyarat Untuk Bisa Dieksploitasi, Dan Selalu Ada Limit Untuk Menggenjot Pemanfaatannya. Sedangkan Sumber Daya Manusia Kita Menyediakan Kapasitas Dan Kapabilitas Yang Sangat Luas Untuk Dikembangkan. Kebangkitan Sumber Daya Manusia Indonesia Secara Bersama-sama Dan Kompak, Tanpa Terdistraksi Oleh Godaan-godaan Yang Kontraproduktif, Akan Membawa Kepada Kejayaan Bangsa, Selain Secara Otomatis Bagi Individu-individunya Sendiri.

      oleh Sebab Itu Tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital Dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, Ini Harus Dimaknai Dengan Upaya-upaya Penyadaran Setiap Masyarakat Indonesia, Untuk Mengembangkan Diri Dan Merebut Setiap Peluang Untuk Meningkatkan Kapasitas Diri Yang Dibuka Oleh Berbagai Pihak, Baik Oleh

      pemerintah, Badan Usaha, Maupun Masyarakat Sendiri. Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Juga Harus Diletakkan Dalam Konteks Pemerataan Dalam Pengertian Kewilayahan, Agar Bangsa Ini Bangkit Secara Bersama-sama Dalam Kerangka Kebangsaan Indonesia.

      saudari-saudara Sebangsa Dan Setanah-air,

      bung Karno Juga Menggambarkan Persatuan Bangsa Seperti Layaknya Sapu Lidi. Jika Tidak Diikat, Maka Lidi Tersebut Akan Tercerai Berai, Tidak Berguna Dan Mudah Dipatahkan. Tetapi Jikalau Lidi-lidi Itu Digabungkan, Diikat Menjadi Sapu, Mana Ada Manusia Bisa Mematahkan Sapu Lidi Yang Sudah Terikat?

      gambaran Tersebut Aktual Sekali Pada Masa Sekarang Ini. Kita Merasakan Bahwa Ada Kekuatan-kekuatan Yang Berusaha Merenggangkan Ikatan Sapu Lidi Kita. Kita Disuguhi Hasutan-hasutan Yang Membuat Kita Bertikai Dan Tanpa Sadar Mengiris Ikatan Yang Sudah Puluhan Tahun Menyatukan Segala Perbedaan Tersebut.padahal Inilah Masa Yang Sangat Menentukan Bagi Kita. Inilah Era Yang Menuntut Kita Untuk Tidak Buang-buang Waktu Demi Mengejar Ketertinggalan Dengan Bangsa-bangsa Lain. Momentum Sekarang Ini Menuntut Kita Untuk Tidak Buang-buang Energi Untuk Bertikai Dan Lebih Fokus Pada Pendidikan Dan Pengembangan Manusia Indonesia.

      menurut Perhitungan Para Ahli, Sekitar Dua Tahun Lagi Kita Akan Memasuki Sebuah Era Keemasan Dalam Konsep Kependudukan, Yaitu Bonus Demografi. Bonus Demografi Menyuguhkan Potensi Keuntungan Bagi Bangsa Karena Proporsi Penduduk Usia Produktif Lebih Tinggi Dibanding Penduduk Usia Non-

      produktif. Menurut Perkiraan Badan Pusat Statistik, Rentang Masa Ini Akan Berpuncak Nanti Pada Tahun 2028 Sampai 2031, Yang Berarti Tinggal 10-

      13 Tahun Lagi. Pada Saat Itu Nanti, Angka Ketergantungan Penduduk Diperkirakan Mencapai Titik Terendah, Yaitu 46,9 Persen.

      proyeksi Keuntungan Bonus Demografi Itu Akan Tinggal Menjadi Proyeksi Jika Kita Tak Dapat Memaksimalkannya. Usia Produktif Hanya Akan Tinggal Menjadi Catatan Tentang Usia Daripada Catatan Tentang Produktivitas, Jika Mutu Sumber Daya Manusia Produktif Pada Tahun-tahun Puncak Bonus Demografi Tersebut Tidak Dapat Mengungkit Mesin Pertumbuhan Ekonomi.

      oleh Sebab Itu Bapak Presiden Joko Widodo Dalam Berbagai Kesempatan Selalu Mendorong Dunia Pendidikan, Bekerja Sama Dengan Industri Dan Bisnis, Untuk Mencari Terobosan-terobosan Baru Dalam Pendidikan Vokasi. Jurusan-jurusan Baru, Baik Di Tingkat Pendidikan Tinggi Maupun Juga Di Tingkat Menengah, Yang Berkaitan Dengan Keahlian Dan Ilmu Terapan, Harus Selalu Diciptakan Untuk Memasok Industri Akan Tenaga Terampil Yang Siap Kerja.

      saudari-saudara Sebangsa Dan Setanah-air,

      generasi Bonus Demografi Yang Kebetulan Juga Beririsan Dengan Generasi Millenial Kita Tersebut, Pada Saat Yang Sama, Juga Terpapar Oleh Massifnya Perkembangan Teknologi, Terutama Teknologi Digital. Digitalisasi Di Berbagai Bidang Ini Juga Membuka Jendela Peluang Dan Ancaman Yang Sama. Ia Akan Menjadi Ancaman Jika Hanya Pasif Menjadi Pengguna Dan Pasar, Namun Akan Menjadi Berkah Jika Kita Mampu Menaklukkannya Menjadi Pemain Yang Menentukan Lansekap Ekonomi Berbasis Digital Dunia.

      alhamdulillah, Kita Mencatat Bahwa Tak Sedikit Anak Muda Kreatif Yang Mampu Menaklukkan Gelombang Digitalisasi Dengan Cara Mencari Berkah Di Dalamnya. Internet, Media Sosial, Situs Web, Layanan Multimedia Aplikasi Ponsel, Mereka Jadikan Ladang Baru Buat Berkarya, Dan Pasar Yang Menjanjikan Bagi Kreativitas. Banyak Kreator Konten Dan Pengembang Aplikasi Indonesia Yang Mendunia, Mendapatkan Apresiasi Baik Material Maupun Non-material.

      oleh Sebab Itu, Mari Bersama-sama Kita Jauhkan Dunia Digital Dari Anasir-anasir Pemecah-belah Dan Konten-konten Negatif, Agar Anak-anak Kita Bebas Berkreasi, Bersilaturahmi, Berekspresi, Dan Mendapatkan Manfaat Darinya. Tidak Ada Satu Pihak Yang Tanggung Jawabnya Lebih Besar Daripada Yang Lain Untuk Hal Ini. Pepatah Aceh Mengatakan: Pikulan Satu Dipikul Berdua, Rapat-rapat Seperti Biji Timun Suri. Artinya Kira-kira: Kita Harus Menjaga Persatuan Dalam Memecahkan Masalah, Harus Berbagi Beban Yang Sama, Merapatkan Barisan, Jangan Sampai Terpecah-belah. Demikian Juga,

      dalam Konteks Menghadapi Digitalisasi Ini, Kita Semua Harus Dalam Irama Yang Serempak Dalam Memecahkan Masalah Dan Menghadapi Para Pencari Masalah.

      saudari-saudara Sebangsa Dan Setanah-air,

      dulu Kita Bisa, Dengan Keterbatasan Akses Pengetahuan Dan Informasi, Dengan Keterbatasan Teknologi Untuk Berkomunikasi, Berhimpun Dan Menyatukan Pikiran Untuk Memperjuangkan Kedaulatan Bangsa. Seharusnya Sekarang Kita Juga Bisa, Sepikul Berdua, Menjaga Dunia Yang Serbadigital Ini, Agar Menjadi Wadah Yang Kondusif Bagi Perkembangan Budi Pekerti, Yang Seimbang Dengan Pengetahuan Dan Keterampilan Generasi Penerus Kita.

      selamat Hari Kebangkitan Nasional Ke-110. Mari Maknai Peringatan Tahun Ini Di Lingkungan Kita Masing-masing, Sesuai Lingkup Tugas Kita Masing-

      masing, Untuk Semaksimal Mungkin Memfasilitasi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Terutama Generasi Muda, Yang Akan Membawa Kepada Kejayaan Bangsa Di Tahun-tahun Mendatang.

      terima Kasih. Bangkit Indonesia!

      wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      .

      om Shanti Shanti Shanti Om.

  • Berita Pengumuman Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Pengumuman Hasil Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang I T.a. 2018

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      hasil Fit And Proper Test Calon Wkpn Klas Ii Gel I T.a. 2018 Fix.pdf 43 Kb3283
    • Peresmian Pelayan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Tinggi Tanjungkarang

      pelayan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Pengadilan Tinggi Tanjung Karang Secara Resmi Dioprasionalkan Ditandai Dengan Penekanan Tombol Sirine, Dilanjutkan Penandatanganan Sertifikat Peresmian Dan Pengguntingan Pita Oleh Dirjen Badilum Mari Bpk. Dr. Heri Swantoro S.h., M.h. Pada Tanggal 27 Juli 2018, Di Dampingi Oleh Kpt Tanjungkarang Bpk. Zaid Umar Bobsaid, S.h., M.h., Moh Hatta S.h., M.h. Wkpt Tanjungkarang, Kejati Lampung, Perwakilan Kemenkum Ham Dan Walikota Serta Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Dan Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Umum.

      kehadiran Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Di Pt Tanjungkarang Disambut Dengan Tarian Selamat Datang Sekapursirih Untuk Tamu Yang Terhormat. Kpt Tanjungkarang Dalam Sambutannya Menyampaikan Terimakasih Dan Penghargaan Yang Sebesar-besarnya Atas Kehadiran Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Mari Dengan Rombongan Dalam Acara Peresmian Ptsp Pt Tanjungkarang Bersama Pn Menggala, Pn Sukadana, Pn Liwa, Dan Pn Blambangan Umpu, Enam Pengadilan Negeri Lainnya Telah Diresmikan Lebih Dulu Pada Tanggal 8 Februari 2018 Oleh Direktur Pranata Dan Tata Laksana Perkara Pidana. Dua Pengadilan Negeri Di Wilayah Pt Tanjungkarang Telah Mendapat Password E-court, Yaitu Pengadilan Negeri Tanjungkarang Dan Pengadilan Negeri Metro Dan Siap Untuk Melaksanakan.

      dalam Sambutannya Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Menekankan Tiga Hal, Yaitu Mengenai Akreditasi Penjaminan Mutu, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Dan E-court. Setelah Selesai Peresmian Direktur Jendral Peradilan Umum Mari Meninjau Ptsp Pt Tanjungkarang Sekaligus Berdialog Dengan Petugas Layanan Ptsp Serta Melihat Mis Dan Sipp Pada Layar Monitor Yang Tersedia Di Ruang Lobi Pt Tanjungkarang, Dilanjutkan Dengan Wawancara Via Teleconference Dengan Petugas Ptsp Di Wilayah Hukum Pt Tanjungkarang. Kunjungan Dilanjutkan Ke Pn Tanjungkarang, Pn Metro, Pn Sukadana, Pn Gunung Sugih, Pn Menggala Yang Dirangkai Dengan Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak, Hernia, Khitanan Dan Donor Darah Di Pn Gunung Sugih Bekerjasama Dengan Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum, Pt. Ariya Nobel Dan Pemda Lampung Tengah. Dan Pada Kesempatan Itu Juga Memecahkan Rekor Muri Operasi Hernia Terbanyak Dengan Jumlah 35 Orang (ssdk Nurman).

        

        

    • Pembinaaan Dan Evaluasi Kinerja Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum 2018

      jumat, Tanggal 3 Agustus 2018 Bertempat Di Hotel Intercontinental, Jalan Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat,direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Pembinaan Dan Evaluasi Kinerja Yang Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum. Kegiatan Ini Berlangsung Dari Tanggal 3 Hingga Tanggal 4 Agustus 2018 Yang Dihadiri Oleh Para Pejabat Eselon Ii, Iii, Iv Dan Seluruh Pegawai Dilingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

    • Bimbingan Teknis Sipp Pada Pengadilan Tinggi Pekanbaru

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      jadwal Acara Sipp Pekanbaru.pdf 307 Kb263
      pemanggilan Peserta.pdf 351 Kb391
      sk Peserta Sipp Pekanbaru.pdf 1014 Kb461
    • Pelaksanaan Penyempurnaan Rka-k/l Dipa 03 Tahun Anggaran 2019

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pelaksanaan Penyempurnaan Rka Kl.pdf 421 Kb896
    • Teguran Daya Serap Anggaran Dipa 005.03 (program Peningkatan Manajemen Peradilan Umum)

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      teguran Daya Serap.pdf 1163 Kb1496
    • Pelaksanaan Penilaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      pengumumanlombaptsp 314 Kb1314
    • Pemanggilan Peserta Sosialisasi Kemudahan Berusaha Bagi Aparatur Pengadilan (e-court) Tahun 2018

      berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor : 1604/dju/sk/hm.00.3/7/2018 Tanggal  30 Juli 2018 Tentang Penunjukan Peserta Kegiatan Sosialisasi Kemudahan Berusaha Bagi Aparatur Pengadilan Tahun Anggaran 2018, Kami Mengundang Saudara Untuk Mengikuti Kegiatan Dimaksud.

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      jadwal Acara Ecourt.pdf 97 Kb704
      sk Peserta Ecourt 922 Kb1291
      undangan Peserta E-court.pdf 363 Kb1241
    • Pemanggilan Peserta Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Melalui Fokus Group Discussion Di Lingkungan Peradilan Umum

      pemanggilan Peserta Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Melalui Fokus Group Discussion (fgd) Di Lingkungan Peradilan Umum Di Wilayah Hukum Pt Kendari

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pemanggilan Peserta Fgd Kendari Fix.pdf 1965 Kb1214
    • Pengumuman Hasil Fit And Proper Test Calon Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii T.a. 2018

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      hasil Fit Calon Kpn Klas Ii T.a. 2018 Fix.pdf 56 Kb3031
    • Pemanggilan Peserta Pengganti Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii T.a. 2018

      pemanggilan Peserta Pengganti Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii T.a. 2018

      1. i Putu Agus Adi Antara, Sh., Mh, Nip. 19770904 200112 1 001, pengadilan Negeri Depok (kelompok I, Tanggal Check In 4 Check Out 6 Agustus 2018)

      2. mukhtar, Sh, Mh                              nip. 19731210 199303 1 001, Pengadilan Negeri lhokseumawe, (kelompok I, tanggal Check In 4 Check Out 6 Agustus 2018)

      3. Siti Hajar Siregar, Sh                   Nip. 19760814 200112 2 001, pengadilan Negeri Pangkal Pinang, (kelompok Iii, tanggal Check In 6 check Out 8 Agustus 2018)

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pemanggilan Peserta Pengganti Fit And Proper Test Bandung.pdf 174 Kb1618
    • Pemanggilan Peserta Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang I T.a. 2018

      pemanggilan Peserta Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas Ii Gelombang I T.a. 2018

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      calon Peserta Fit Bandung.pdf 2126 Kb1473
    • Mahkamah Agung Ri Meresmikan Aplikasi E-court

      perkara Pertama Yang Didaftarkan Secara Elektronik Diterima Serentak Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Surabaya Dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat

      pembaruanperadilan.net, balikpapan

      peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik Di Pengadilan telah Disahkan Pada 29 Maret 2018 Lalu. Kini Melanjutkan Inovasi Tersebut, Akhirnya Aplikasi Pengadilan Elektronik (e-court) Diluncurkan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri Prof. Dr. M Hatta Ali S.h., M.h. Di Balikpapan Pada Jumat (13/8) Siang Lalu. Acara Peluncuran Aplikasi E-court Dilaksanakan Berbarengan Dengan Pembinaan Teknis Yudisial Dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pada 4 Lingkungan Peradilan Mahkamah Agung.

      prosesi Peresmian Penggunaan Aplikasi E-court Dilakukan Secara Simbolis Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri Di Depan Tidak Kurang 1.000 Orang Warga Peradilan Yang Menerima Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Dan Para Undangan, Yang Antara Lain Terdiri Dari Perwakilan Mitra Pembayaran Uang Perkara Pengadilan (bank Btn, Bank Bri, Bank Bni 46, Bank Bni Syariah, Bank Mandiri, Dan Bank Mandiri Syariah). Ketua Ma Menekan Tombol Peresmian Yang Kemudian Dilanjutkan Dengan Menyaksikan Secara Langsung Proses Penerimaan Perkara Dengan Elektronik Pada Tiga Pengadilan Secara Langsung, Yaitu Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pengadilan Negeri Surabaya Dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

      acara Kemudian Dilanjutkan Dengan Tele-conference Antara Ketua Ma Dengan Para Tiga Pengadilan Yang Menerima Pendaftaran Dan Para Advokat Yang Melakukan Pendaftaran Secara Online Untuk Mengetahui Kesan Dan Pengalaman Mereka Menjadi Salah Satu Pendaftar Pertama Perkara Dengan Menggunakan Aplikasi E-court. Tercatat Saat Ini Sudah Ada 2 Perkara Diajukan Secara Elektronik Di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 1 Perkara Di Pn Surabaya, Serta 1 Perkara Pada Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

      lompatan Besar Bagi Layanan Peradilan

      ketua Ma Dalam Sambutannya Menyatakan Bahwa Peresmian E-court Merupakan Lompatan Besar Dalam Keseluruhan Upaya Besar Melakukan Perubahan Administrasi Di Pengadilan. Sistem E-court Mahkamah Agung Memungkinkan Penggugat Melakukan Permohonan Atau Gugatan Perdata/perdata Agama/tun Di Seluruh Indonesia Secara Elektronik Tanpa Perlu Datang Langsung Ke Gedung Pengadilan. Pembayaran Juga Jadi Makin Ringkas, Karena Sistem E-payment Memungkinkan Pembayaran Dilakukan Dari Bank Apapun Dengan Saluran Pembayaran Elektronik Apapun, Seperti Misalnya Internet Banking, Sms Banking, Transfer Atm Mitra Pembayaran Yang Dimiliki Pengadilan Tersebut.

      pemanggilan Elektronik (e-summons) Juga Sangat Meringkas Proses Dan Menghemat Biaya, Karena Pemanggilan Bisa Dilakukan Langsung Ke Domisili Elektronik Termasuk Meniadakan Kebutuhan Prosedur Delegasi Dalam Hal Para Pihak Ada Bertempat Tinggal Di Wilayah Yang Berbeda. Hal Ini Memungkinkan Biaya Panggilan Ditekan Se-minimal Mungkin Sampai Nol Rupiah.  Khusus Untuk E-summons, Sesuai Perma No.3 Tahun 2018, Prosedur Ini Hanya Bisa Ditempuh Apabila Para Pihak Menyetujui Untuk Dilakukan Panggilan Secara Elektronik, Untuk Mengantisipasi Kesenjangan Yang Mungkin Terjadi Dalam Masa Awal Pengenalan Aplikasi Ini.

      ke Depannya Sistem E-court Sudah Diarahkan Ke Penggunaan Yang Lebih Luas, Yaitu Implementasi Litigasi Elektronik, Mengingat Pasal 5 Perma No.3 Tahun 2018 Telah  mencantumkan Juga Jenis Dokumen Yang Bisa Dikirim Secara Elektronik Meliputi Jawaban, Replik, Duplik, Dan Kesimpulan. Hanya Saja Implementasi Penuhnya Menunggu Pengaturan Teknis. Ketua Ma Dalam Sambutannya Mengatakan Bahwa Bentuk E-litigation Masih Perlu Dikembangkan, Dan Bentuk Akhirnya Bisa Sangat Beragam Tergantung Pengembangan Yang Dilakukan Mahkamah Agung Nantinya.

      satu Tahun Harus Sudah Terimplementasi Di Seluruh Pengadilan

      perma Nomor No.3 Tahun 2018 Sudah Menetapkan Bahwa Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik Berlaku Bagi Perkara Perdata, Perdata Agama, Tata Usaha Militer Dan Tata Usaha Negara, Namun Saat Ini Pendaftaran Baru Dapat Diberlakukan Pada Peradilan Umum, Agama Dan Tun. Mengingat Perkara Tata Usaha Militer Pada Peradilan Militer Belum Operasional. Selanjutnya, Mengingat Banyak Prakondisi Yang Harus Dipenuhi Untuk Dapat Dilaksanakannya Aplikasi E-court, Untuk Tahap Ini Sekretaris Mahkamah Agung Ri Berdasarkan Surat Nomor 305/sek/sk/vii/2018 Menunjuk 32 Pengadilan Dari Peradilan Umum, Agama, Dan Tun Untuk Melaksanakan Uji Coba Implementasi E-court Untuk Tahap Ini.

      adapun Pengadilan Percontohan Meliputi Pn Jakarta Pusat, Pn Jakarta Utara, Pn Jakarta Selatan, Pn Jakarta Timur, Pn Jakarta Barat, Pn Tangerang, Pn Bekasi, Pn Bandung, Pn Karawang, Pn Surabaya, Pn Sidoarjo, Pn Medan, Pn Makassar, Pn Semarang, Pn Surakarta, Pn Palembang, Pn Metro. Sementara Itu Di Lingkungan Peradilan Agama Meliputi, Pa Jakarta Pusat, Pa Jakarta Utara, Pa Jakarta Selatan, Pa Jakarta Timur, Pa Jakarta Barat, Pa Depok, Pa Surabaya, Pa Denpasar, Pa Medan. Untuk Pengadilan Tun Pengadilan Percontohan Meliputi Ptun Jakarta, Ptun Bandung, Ptun Serang, Ptun Denpasar, Ptun Makassar Dan Ptun Tanjung Pinang.

      ketua Ma Dalam Sambutannya Berharap Agar Dalam Waktu Tepat Satu Tahun Sejak Peresmian Aplikasi E-court Ini, Maka Aplikasi E-court Harus Sudah Bisa Diaplikasikan Di Seluruh Pengadilan Di Indonesia. Sekaligus Menantang Kesiapan Para Pimpinan Badan Peradilan Untuk Memenuhi Target Tersebut Yang Langsung Disambut Positif Oleh Para Peserta. Beliau Juga Meminta Agar Para Direktur Jenderal Untuk Bisa Melaporkan Hasil Uji Coba Tahap Pertama Ini Dalam Waktu 6 Bulan.

      penerimaan Pendaftaran Perkara Secara Live

      dalam Kesempatan Peresmian Tersebut Dilakukan Pula Demonstrasi Penerimaan Perkara Secara Live Di Tiga Pengadilan Secara Simultan. Para Pengacara Yang Melakukan Pendaftaran Perkara Mengklaim Bahwa Mereka Sangat Mengapresiasi Inisiatif Mahkamah Agung Dalam Membuka Sistem Pelayanan E-court. Juniver Girsang Dari Peradi Jakarta Menyatakan Bahwa Advokat Sangat Berterima Kasih Kepada Peluncuran Sistem Ini. Advokat Kini Bisa Beracara Di Banyak Tempat Tanpa Perlu Harus Hadir Langsung, Dan Tentunya Ini Memotong Biaya. Pembayaran Perkara Bisa Dilakukan Dari Bank Manapun Dengan Saluran Apapun, Terlepas Dari Mitra Pembayaran Yang Dimiliki Pengadilan. Pengacara Di Surabaya Juga Mengaku Bahwa Proses Pendaftaran Perkara Sangat Cepat, Proses Pendaftaran, Pembayaran Sampai Keluar Nomor Perkara Dapat Diselesaikan Dalam Hitungan Satu Jam.

      salah Satu Advokat Yang Berpartisipasi, Juniver Girsang Mewakili Peradi Menyatakan Bahwa Peradi Yang Dipimpinnya Sangat Menghargai Inisiatif Mahkamah Agung Ini, Dan Berjanji Untuk Membantu Melakukan Sosialisasi Dan Pengenalan E-court Ini Ke Segenap Anggotanya.

      ketua Ma Dalam Dialog Live Juga Memberikan Pesan Bahwa Ke Depannya Para Pihak Tidak Perlu Lagi Terlalu Sering Untuk Bolak Balik Ke Gedung Pengadilan, Yang Dengan Sendirinya Memotong Biaya Dan Waktu.

      bagian Dari Inisiatif Kemudahan Berusaha

      reformasi Pelayanan Perkara Ini Tidak Lepas Dari Upaya Mahkamah Agung Untuk Mendorong Tingkat Daya Saing Ri Dalam Survei Kemudahan Berusaha. Survei Kemudahan Berusaha Adalah Suatu Survei Global Yang Dilakukan Oleh World Bank Group Terhadap Tidak Kurang Dari 180 Negara Di Seluruh Dunia Sejak Tahun 2012. Survei Dilakukan Untuk Mengukur Seberapa Kondusif Kerangka Regulasi Dan Kebijakan Pada Suatu Negara Terkait Dengan Dimulainya Berusaha Dan Kegiatan Usaha Di Lokal Di Negara Tersebut.

      pemerintah Ri Sejak Tahun 2016 Sudah Menetapkan Target Strategis Untuk Mendongkrak Peringkat Kemudahan Berusaha Dari Peringkat 120 Pada Tahun 2016 Menjadi Peringkat 40. Pada Tahun 2018 Peringkat Ri Tercatat Berhasil Dinaikkan Ke Peringkat 72. Mahkamah Agung Bertanggung Jawab Atas Dua Komponen Survei, Yaitu Penegakan Kontrak Dan Penyelesaian Kepailitan. Pada Dua Parameter Tersebut Telah Terjadi Peningkatan Peringkat Yang Cukup Baik Dalam Dua Tahun Terakhir, Tercatat Peringkat Penegakan Kontrak Berhasil Naik Dari Peringkat 166 Pada Tahun 2017 Ke Peringkat 145 Pada Tahun 2018. Sementara Itu Peringkat Penyelesaian Kepailitan Berhasil Dinaikkan Dari Peringkat 76 Pada Tahun 2017 Ke Peringkat 38 Pada Tahun 2018.

      dengan Disahkannya Perma No.3 Tahun 2018 Dan Diresmikannya Fasilitas E-court, Maka Diharapkan Pada Survey Kemudahan Berusaha Selanjutnya Akan Ada Peningkatan Pada Parameter Penegakan Kontrak Khususnya Dalam Sub Parameter Indeks Kualitas Proses Berperkara, Dimana Pada Poin Otomatisasi Perkara Akan Diperoleh Tambahan Dari Indikator E-filing, E-payment Dan E-summons.

      untuk Mendorong Peningkatan Peringkat Kemudahan Berusaha, Mahkamah Agung Telah Membentuk Mekanisme Koordinasi Melalui Kelompok Kerja Kemudahan Berusaha  Berdasarkan Sk Kma Nomor 043 Kma/sk/ii/2017 Pembentukan Kelompok Kerja Dalam Rangka Koordinasi Peningkatan Kemudahan Berusaha. Kelompok Kerja Ini Dipimpin Oleh Ym Ketua Kamar Perdata Mari H. Sultoni Mohdally S.h., M.h. Dan Hakim Agung Dr. Syamsul Maarif, S.h., Ll.m. Kelompok Kerja Ini Akan Terus Mendorong Perbaikan Sistemis Dalam Berbagai Agenda Guna Mendorong Peringkat Kemudahan Berusaha.(*)

      sumber

    • Peresmian Ptsp Pengadilan Tinggi Pontianak Dan Pengadilan Negeri Se Kalimantan Barat

      pada Hari Jumat, Tanggal 29 Juni 2018 Bertempat Di Pengadilan Tinggi Pontianak, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Yang Diwakili Oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Drs.h.wahyudin, M.si. Meresmikan  Ptsp Pengadilan Tinggi Pontianak Dan Pengadilan Negeri Se Kalimantan Barat.

    • Peresmian Ptsp Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Dan Pengadilan Negeri Se Sumatera Barat

      pada Hari Senin, Tanggal 25 Juni 2018. Bertempat Di Pengadilan Negeri Padang Panjang, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Yang Diwakili Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri Dr. H. Haswandi, Sh, Se, Meresmikan  Ptsp (one Gate Integrated Service) Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Dan Pengadilan Negeri Se Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Yang Terdiri Dari Pt Sumbar, Pn Padang, Pn Bukittinggi, Pn Pariaman, Pn Batusangkar, Pn Lubuk Basung, Pn Lubuk Sikaping, Pn Padang Panjang, Pn Payakumbuh, Pn Solok, Pn Koto Baru, Pn Muaro, Pn Sawahlunto, Pn Pasaman Barat, Pn Painan Dan Pn Tanjung Pati.

      hadir Dalam Acaran Tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Drs.h.wahyudin, M.si., Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H. Husni Rizal, Sh., Mh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat Gatot Supramono, Sh, M.hum, Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Padang Panjang Beserta Seluruh Pimpinan Empat Pilar Pengadilan Se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat.

      acara Berlangsung Khidmat Dan Meriah, Diakhiri Dengan Bersalam-salaman Dan Foto Bersama. (sumber : Mus/it Pt)

        






Rekapitulasi Data SIPP

Rekapitulasi Data SIPP Sebagai bentuk transparansi peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, kami menyajikan data realtime terhadap kinerja pengadilan. Lihat rekapitulasi kinerja pengadilan pada wilayah hukum Pengadilan Tinggi Bengkulu

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Negeri Bintuhan. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.


 
Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :  

Putusan Pengadilan Negeri

Daftar Putusan Pengadilan Negeri BintuhanBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut
RSS Berita Mahkamah Agung RI